Hamba Allah yang Bersyukur itu Sedikit
Syukur merupakan ibadah yang agung dan mulia namun sedikit yang mengamalkannya
Allah taala berfirman:
ู ูููู ู ู ุนุจุงุฏู ุงูุดููุฑย
"Dan sedikit dari hambaku yang bersyukur"
[QS. As-saba'(13)]
Ibnu sa'di rahimahullah berkata:
ูุฃูุซุฑูู , ูู ูุดูุฑูุง ุงูููู ุชุนุงูู ุนูู ู ุง ุฃููุงูู ู ู ูุนู ู, ูุฏูุน ุนููู ู ู ุงูููู
"Maka sebagian besar manusia tidak bersyukur kepada Allah Taala atas karunia yang diberikan kepada mereka atau kesulitan yang telah diangkat darinya"
[Tafsir As-sa'di surat As-saba']
Allah taala menamakan dirinya dengan ุงูุดููุฑ dan ุงูุดุงูุฑ yang artinya Maha bersyukur
Maksudnya Allah taala menerima sedikit amalan hambanya dan melipat gandakan ganjarannyaย
Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
ุฅุฐุง ูู ุชุฌุฏ ููุนู ู ุญูุงูุฉ ูู ููุจู ูุงูุดุฑุงุญุง ูุงุชูู ูุ ูุฅู ุงูุฑุจ ุชุนุงูู ุดููุฑ
"Apabila engkau tidak menemukan rasa manis dari amalan sholeh pada hatimu serta kelapangan dada maka salahkanlah dirimu sendiri karena Allah taala maha bersyukur"
Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan perkataan di atas dengan:
ูุนูู ูุง ุจุฏ ุฃู ูุซูุจ ุงูุนุงู ู ุนูู ุนู ูู ูู ุงูุฏููุง ู ู ุญูุงูุฉ ูุฌุฏูุง ูู ููุจู ูููุฉ ุงูุดุฑุงุญ ููุฑุฉ ุนููุ ูุญูุซ ูู ูุฌุฏ ุฐูู ูุนู ูู ู ุฏุฎูู
"Allah taala pasti memberikan ganjaran dari orang yang beramal di dunia dengan berupa rasa manis dan kekuatan di dalam hati serta kelapangan dan penyejuk mata (kebahagiaan), apabila orang yang beramal tidak menemukan hal tersebut maka amalannya ada yang salah"
[Madarijus salikin(2/68)]
Perkataan ulama seputar syukur
[1] Imam Al-qurtubi rahimahullah berkata:ย
ุญูููุฉ ุงูุดูุฑ ุงูุงุนุชุฑุงู ุจุงููุนู ุฉ ููู ูููุนูู ุ ูุฃูููุง ูุตุฑููุง ูู ุบูุฑ ุทุงุนุชู
"Hakikat syukur adalah mengakui nikmat kepada sang pemberi nikmat (Allah Taala) dan tidak memalingkannya kepada selain ketaatan kepadaNya"
[2] Ibnu sa'di rahimahullah berkata:
ุงูุดูุฑ ูู ุงุนุชุฑุงู ุงูููุจ ุจููุนูู ุงูููุ ูุงูุซูุงุก ุนูู ุงููู ุจูุงุ ูุตุฑููุง ูู ู ุฑุถุงุฉ ุงููู ุชุนุงููุ ูููุฑ ุงููุนู ุฉ ุถุฏูู ุฐูู
"Bersyukur dengan hati yang mengakui akan nikmat Allah Taala, dengan lisan yang senantiasa memuji Allah serta memakai nikmat tersebut di atas keridhoanNya adapun kufur nikmat adalah lawan dari itu semua"
[3] Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:
ุงูุดูุฑ ููููุจ ู ุญุจููุฉู ูุฅูุงุจุฉูุ ูููุณุงู ุซูุงุก ูุญู ุฏุ ูููุฌูุงุฑุญ ุทุงุนุฉ ูุฎุฏู ุฉ
"Bersyukur lewat hati dengan penuh kecintaan dan inabah, lewat lisan dengan pujian dan sanjungan, lewat anggota badan dengan ketaatan dan khidmat"
[4] Ibnul Qayyim rahimahullah berkataย
ุงูุดูุฑ ู ุจูููู ุนูู ุฎู ุณ ููุงุนุฏ: ุฎุถูุน ุงูุดุงูุฑ ููู ุดููุฑุ ูุญุจู ููุ ูุงุนุชุฑุงูู ุจูุนู ุชูุ ูุงูุซูุงุก ุนููู ุจูุงุ ูุฃูููุง ูุณุชุนู ููุง ููู ุง ููุฑูุ ููุฐู ุงูุฎู ุณุฉ ูู ุฃุณุงุณ ุงูุดูุฑุ ูุจูุงุคู ุนูููุงุ ูู ุชู ุนุฏู ู ููุง ูุงุญุฏุฉ ุงุฎุชูููู ู ู ููุงุนุฏ ุงูุดูุฑ ูุงุนุฏุฉู
"Syukur dibangun atas 5 kaedah:
Ketundukan hamba yang bersyukur kepada Allahย
Senantiasa mencintai-Nya
Mengakui semua nikmat-Nya
Menyanjung Allah Taala atas nikmat-Nya
Tidak menggunakan nikmat dalam perkara yang dibenci Allah Taalaย
Maka ini 5 asas syukur dan kaedahnya apabila tidak terdapat salah satu nya maka tidak sempurna kaedah tersebut"
[5] Ibnu Rojab rahimahullah menyebutkan bahwa sebagian salaf bersyukur atas musibah:
ูุงู ุจุนุถ ุงูุณูู: ุฅูู ูุฃูุตุงุจ ุจุงูู ุตูุจุฉุ ูุฃุญู ุฏ ุงููู ุนูููุง ุฃุฑุจุน ู ุฑุงุช: ุฃุญู ุฏ ุงููู ุฅุฐ ูู ุชูู ุฃุนุธู ู ู ุง ููุ ูุฃุญู ุฏ ุงููู ุฅุฐ ุฑุฒููู ุงูุตุจุฑ ุนูููุงุ ูุฃุญู ุฏู ุฅุฐ ููููููู ููุงุณุชุฑุฌุงุนุ ูุฃุญู ุฏู ุฅุฐ ูู ูุฌุนููุง ูู ุฏููู
"Sebagian salaf berkata: aku ditimpa musibah maka aku memuji Allah empat kali (yaitu):
Aku memuji Allah tidak lebih besar dari itu
Aku memuji Allah dapat bersabar atasnya
Aku memuji Allah diberi taufik bisa istirja' (mengucapkan innalilahi..)
Aku memuji Allah lantaran musibah tersebut tidak berkaitan dengan agamaku"
[6] Syukur dan sabar
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:
ุฅุฐุง ุนุฑู ุฃู ุงูุบูู ูุงูููุฑ ูุงูุจูุงุก ูุงูุนุงููุฉ ูุชูุฉ ูุงุจุชูุงุก ู ู ุงููู ูุนุจุฏู ูู ุชุญู ุจูุง ุตุจุฑู ูุดูุฑูุ ุนูููู ุฃู ุงูุตุจุฑ ูุงูุดูุฑ ู ุทูููุชุงู ููุฅูู ุงู ูุง ููุญู ู ุฅูุง ุนูููู ุงุ ููุง ุจูุฏูู ููู ู ุคู ู ู ููู ุงุ ููู ู ููู ุง ูู ู ูุถุนู ุฃูุถูุ ูุงูุตุจุฑ ูู ู ูุทู ุงูุตุจุฑ ุฃูุถูุ ูุงูุดูุฑ ูู ู ูุงุทู ุงูุดูุฑ ุฃูุถู
"Apabila seorang hamba mengetahui bahwa kaya, miskin, kesulitan dan afiyah semuanya merupakan fitnah, Allah menguji hambanya dengan syukur dan sabar
maka sabar dan syukur merupakan asas keimanan karena seorang mu'min pasti mengamalkan keduanya
Setiap dari sabar dan syukur menjadi utama pada prakteknya, maka sabar lebih utama pada waktunya (yaitu dikala sulit) dan syukur menjadi utama pada waktunya (yaitu dikala lapang)"
[7] Syukur dan istighfar
Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
ุงูุนุจุฏ ุฏุงุฆู ูุง ุจูู ูุนู ุฉ ู ู ุงููู ูุญุชุงุฌ ูููุง ุฅูู ุดูุฑุ ูุฐูุจ ู ูู ูุญุชุงุฌ ููู ุฅูู ุงูุงุณุชุบูุงุฑุ ูููููู ู ู ูุฐูู ู ู ุงูุฃู ูุฑ ุงููุงุฒู ุฉ ููุนุจุฏ ุฏุงุฆู ูุงุ ูุฅูู ูุง ูุฒุงู ูุชููููุจ ูู ููุนูู ุงููู ูุขูุงุฆูุ ููุง ูุฒุงู ู ุญุชุงุฌูุง ุฅูู ุงูุชูุจุฉ ูุงูุงุณุชุบูุงุฑ
"Seorang hamba antara nikmat yang wajib ia syukuri dan dosa yang wajib ia beristighfar
dua perkara ini senantiasa melekat pada diri seorang hamba lantaran ia berputar antara nikmat dan pemberian Allah Taala dengan itu ia masih butuh terhadap istighfar dan bertaubat kepada-nya"
[8] Syukur tali pengikat kenikmatan
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:
ุงูุดูุฑ ููุฏ ุงููุนู ุงูู ูุฌูุฏุฉุ ูุตูุฏ ุงููุนู ุงูู ูููุฏุฉ
"Syukur merupakan tali pengikat nikmat yang sudah ada dan tali busur nikmat yang belum terjerat"
[9] Bersyukur kepada Allah Taala dalam semua keadaan
Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
ุงูุนุจุฏ ุนููู ุฃู ูุดูุฑ ุงููู ููุญู ุฏู ุฏุงุฆู ูุง ุนูู ูู ุญุงูุ ููุณุชุบูุฑ ู ู ุฐููุจูุ ูุงูุดูุฑ ููุฌุจ ุงูู ุฒูุฏ ู ู ุงููุนู ุย ูุงูุงุณุชุบูุงุฑ ูุฏูุน ุงูููู
"Seorang hamba wajib bersyukur kepada Allah dan memujinya dalam semua keadaan serta meminta ampun atas dosa-dosanya
karena konsekuensi syukur adalah menambah kenikmatan dan konsekuensi istighfar menolak bala'.."
[10] Mana yang lebih afdhol orang kaya bersyukur atau orang miskin bersabar
Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
ููุณ ูุฃุญุฏูู ุง ุนูู ุงูุขุฎุฑ ูุถููุฉ ุฅูุง ุจุงูุชูููุ ูุฃููู ุง ูุงู ุฃุนุธู ุฅูู ุงููุง ูุชููู ูุงู ุฃูุถูุ ูุฅู ุงุณุชููุง ูู ุฐูู ุงุณุชููุง ูู ุงููุถููุฉ
ูุงู: ููุฐุง ุฃุตุญูู ุงูุฃููุงูุ ูุฃู ูุตูุต ุงููุชุงุจ ูุงูุณูููููุฉ ุฅูู ุง ุชููุถู ุจุงูุฅูู ุงู ูุงูุชููู
"Tidak terdapat salah satu pada keduanya keutamaan melainkan dengan ketaqwaan, siapa yang lebih kuat iman dan ketaqwaan maka lebih mulia di sisi Allah baik orang kaya atau miskin, kalau sama derajat iman dan taqwanya maka keutamaan mereka sama
ini merupakan pendapat yang paling benar karena dalil Al-Qur'an dan as-sunah menjelaskan keutamaan hanya pada iman dan taqwa"
Semoga bermanfaat
Idatus shobirin, Ibnul Qayyim rahimahullah.
[ ู ู ุฃููุงู ุงูุณูู ูู ุงูุดูุฑ ]